top of page
Search

6 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan Saat Membeli Slab Granit untuk Meja Dapur

Updated: Dec 24, 2022



Saat membeli keramik atau granite tile, kamu akan mendapatkan ukuran, warna dan corak yang seragam satu dengan yang lainnya. Namun membeli lembaran atau slab granit untuk meja dapur adalah hal yang sama sekali berbeda. Kamu membutuhkan kecermatan dan fokus pada detailnya. Pasalnya, setiap slab granit tidak ada yang sama persis baik dari segi ukuran, warna maupun motifnya.


Mengenal slab granit


Penyedia batu alam umumnya menyediakan granit dalam bentuk lembaran atau slab. Meskipun ada juga sebagian penjual yang menyediakan granit dengan ukuran lebih kecil yang seragam seperti halnya keramik atau granite tile.


Perlu diketahui, batu granit dibawa dari pertambangan ke pabrik pemrosesan batu granit dalam bentuk blok batu berukuran besar. Balok batu tersebut kemudian dipotong-potong seperti roti tawar menjadi lembaran-lembaran. Ukuran ketebalan slab batu granit adalah 2 cm. Sedangkan ukuran panjang dan lebarnya bisa berbeda-beda tergantung ukuran blok batunya.



Pada umumnya, meja dapur granit membutuhkan lebih dari dua slab granit. Dengan mengikuti pola motif granit dan hasil yang sempurna, sebagian batu granit mungkin akan terbuang atau tidak digunakan. Sambungan antar slab pada meja dapur harus memperhatikan kesatuan motif. Nat pada sambungan pun dibuat setipis mungkin dengan warna yang senada agar sambungan tak terlihat.


Tips membeli slab granit untuk meja dapur


Dengan memperhatikan kesempurnaan hasil yang diinginkan, proses pemilihan slab granit untuk meja dapur memiliki peran yang penting. Untuk itu, pembelian slab granit harus dilakukan dengan cermat. Berikut ini hal-hal yang wajib kamu perhatikan saat membeli slab granit:


1. Jangan hanya terpaku pada satu warna granit karena terlalu banyak variasi


Kamu mungkin sudah memiliki gambar kerja atau desain meja dapur yang diinginkan, termasuk warna granitnya. Ambil contoh warna hitam, putih, coklat atau krem. Warna tersebut bisa menjadi acuan saat kamu mencari slab granit yang sesuai. Tapi pada kenyataannya, batu granit memiliki sangat banyak variasi warna dan motif. Jadi jangan terpaku pada satu warna granit, pertimbangkan beberapa alternatif variasi warna yang tersedia.


2. Cek langsung ke gudang karena sampel dengan slab aslinya akan terlihat berbeda


Saat datang ke sebuah showroom batu alam, kamu mungkin menerima sampel granit yang tengah dicari. Ini cukup bagus karena kamu bisa mendapatkan contoh riil daripada hanya sekedar melihat foto yang dikirimkan oleh sales. Namun jika memungkinkan sebaiknya kamu mengecek langsung stok slab granit yang tersedia di gudang. Ingat tidak ada slab granit yang sama persis satu dengan yang lain. Apalagi jika hanya melihat sample yang berukuran kecil. Tentu akan lebih puas jika kamu bisa melihat langsung stok slab granit yang tersedia di gudang apakah sesuai kebutuhan atau tidak.

3. Periksa setiap slab yang ingin kamu beli


Setiap slab memiliki ukuran dan kondisi yang berbeda. Meskipun dalam satu kelompok warna dan motif, bukan tidak mungkin ada perbedaan yang mencolok ketika disatukan. Kamu bisa meminta penjual menggelar beberapa slab untuk melihat kesatuan motifnya ketika digabungkan atau bookmatch.


4. Beli beberapa slab dari bundel yang sama


Slab granit berasal dari balok batu yang telah dibelah menjadi beberapa bagian yang lebih tipis. Slab granit yang dihasilkan dari satu blok batu akan memiliki warna dan motif yang identik. Biasanya penjual sudah melakukan pengelompokan atau bundel slab granit dari blok yang sama dengan penomoran yang berurutan. Jika kamu membutuhkan lebih dari satu slab granit, pastikan untuk membeli slab granit dari balok yang sama dengan nomor berurutan.


Hindari pemilihan beberapa slab granit hanya dengan melihat mana yang paling kamu sukai tanpa memperhatikan blok dan urutannya. Memilih slab granit dari bundel yang berbeda sangat berisiko karena ketika digabungkan motif dan warnanya mungkin tidak selaras. Hasilnya tentu tidak akan sempurna.



5. Pilih finishing meja dapur granit yang sesuai


Slab granit biasanya dijual dalam kondisi sudah dipoles. Meskipun untuk hasil optimal finishing granit tepat harus dilakukan lagi setelah meja dapur terpasang. Ada beberapa jenis finishing granit yang bisa kamu pilih untuk meja dapur seperti finishing polished dengan permukaan glossy atau mengkilat, finishing honed dengan permukaan doff serta special finish dengan permukaan granit yang kasar mengikuti tekstur batu.


Selain menambah keindahan, finishing granit berfungsi untuk menutup pori-pori granit, sehingga mengurangi daya serap dan meningkatkan ketahanan noda. Pemberian lapisan pelindung atau coating masih diperlukan agar meja dapur granit tidak gampang kusam, tergores atau ternoda.


6. Beli granit mewah tak harus mahal


Saat berbelanja granit untuk meja dapur, kamu harus tetap memperhatikan budget atau anggaran yang tersedia. Jika menginginkan hasil yang optimal dengan budget terbatas, kamu harus bisa mendapatkan slab granit untuk meja dapur yang mewah dengan harga yang murah dan terjangkau.


Meja dapur granit mewah bisa kamu dapatkan tanpa perlu mengorbankan kualitas dan keindahan dapur yang diinginkan. Caranya dengan membeli slab granit dari supplier yang menawarkan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan supplier batu alam lainnya. Untuk itu, kamu bisa datang ke Hellenoz Stone Gallery, Jakarta.


Di Hellenoz, kamu bisa memilih ratusan jenis granit dan marmer impor dengan harga murah mulai dari Rp 300.000 per meter persegi. Dapatkan informasinya secara lengkap dengan menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.


Kamu juga bisa datang langsung ke showroom Hellenoz yang berada di jantung kota Jakarta Utara yakni Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter. Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, kamu bisa datang ke gerai Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru. Segera wujudkan meja dapur granit impian kamu!

0 comments

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page