top of page
Search

Agar Tidak Salah Pilih, Kenali Cara Mengecek Kualitas Marmer

Updated: Jul 23


Kenali Cara Mengecek Kualitas Marmer

Sejauh ini belum ada standar kualitas marmer yang berlaku umum. Namun kualitas marmer yang baik bisa dikenali dari beberapa faktor pada batu tersebut. Dengan melakukan pengecekan pada batu marmer, kita bisa mendapatkan marmer yang bukan cuma indah dipandang mata tapi juga kuat dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.


Berikut ini cara sederhana untuk mengecek kualitas marmer yang akan dibeli:


Ketebalan marmer


Untuk kebutuhan interior dan eksterior hunian, lembaran atau slab marmer memiliki standar ketabalan 2 cm. Ukuran ketebalan marmer juga akan disesuaikan dengan kebutuhan desain. Secara umum, jika ketebalan marmer kurang dari 2 cm maka kekuatan marmernya akan berkurang.


Kendati demikian, ada juga marmer yang ditipiskan hingga ketebalannya 1 cm atau bahkan kurang. Marmer yang tipis ini tetap kuat karena karena bagian belakangnya diberikan honeycomb dari baja. Sebaliknya tanpa penopang honeycomb, marmer dengan ketebalan di bawah 2 cm rentan pecah atau rusak.



Ketebalan marmer juga harus sama dan lurus di semua sisi. Jika permukaan marmer bergelombang atau tidak sama di semua permukaannya akan menyulitkan proses pemasangannya. Selain itu, marmer yang tidak rata juga dapat membahayakan orang yang melintasinya.


Ukuran marmer


Ukuran marmer tidak selalu seragam. Inilah karakteristik dari batu marmer yang berbeda dengan material bahan bangunan lain seperti keramik yang memiliki ukuran standar. Ukuran slab marmer tidak selalu berbentuk persegi panjang yang sempurna. Sebab, ukuran slab marmer akan mengikuti bentuk dari blok batu marmer asalnya sebelum dibelah menjadi beberapa slab marmer.

Marmer berkualitas tinggi pun sangat mungkin memiliki ukuran yang tak sempurna. Jadi marmer yang memiliki ukuran tidak standar bukan berarti kualitas marmernya jelek. Hanya saja, hal tersebut akan berpengaruh pada biaya karena ada bagian marmer yang terbuang saat pemasangannya demi mendapatkan bentuk marmer yang ideal. Hal tersebut harus kamu pertimbangkan saat membeli marmer.


Retakan pada marmer


Batu marmer memiliki urat dan warna yang unik. Di permukaan slab marmer kadang juga ditemui adanya retakan kecil yang alami. Retakan yang alami tidak sampai menembus permukaan belakang marmer. Jika ada retakan kecil pada marmer biasanya akan ditutup dengan resin khusus dari pabrik.


Setelah dipoles, retakan kecil tidak akan terlihat dan tidak akan mempengaruhi kekuatan marmer. Marmer yang dijual di gerai penjualan marmer sudah dalam kondisi siap pakai. Namun kamu tetap harus memeriksa ada tidaknya retakan tidak tertutup di slab marmer yang akan dibeli. Marmer yang berkualitas tinggi tidak memiliki retakan yang perlu diisi dengan resin.


Warna marmer


Warna marmer dapat bervariasi dari putih bersih, hitam, abu-abu, merah, kuning, hijau, biru serta warna alami lainya. Marmer hadir dalam nuansa warna yang bervariasi mulai dari soft sampai yang mencolok. Warna marmer yang alami juga bisa tercampur dengan warna lain karena adanya variasi kandungan mineral dalam proses pembentukannya di dalam perut bumi.



Warna marmer terbaik akan tergantung dari selera masing-masing orang. Kendati demikian ada beberapa warna yang paling banyak diminati pasar terutama warna putih. Selain putih, warna lainnya yang banyak dicari adalah hitam, kuning, merah, pink, cokelat dan abu-abu. Kombinasi urat marmer juga beragam. Semakin unik, semakin berkualitas dan semakin mahal pula harganya.



Marmer imitasi atau buatan pabrik bisa saja meniru warna dan tampilan marmer dengan warna dan uratnya. Namun marmer tiruan tidak akan bisa menciptakan kedalaman dan dimensi warna seperti marmer alami. Motif pada marmer buatan biasanya hanya ada sisi depannya saja. Sedangkan sisi belakangnya berwarna polos. Motif dan warna marmer tiruan juga seragam tidak seperti marmer alami yang setiap slab memiliki motif dan warna yang tidak sama persis atau unik.


Jika kamu tengah berencana membeli marmer alami dengan kualitas tinggi, kamu bisa mendapatkannya dari Hellenoz Stone Gallery, Jakarta. Perusahaan ini menyediakan ratusan jenis marmer import dan lokal dengan harga murah. Kamu bisa menghubungi marketing Hellenoz melalui nomor WhatsApp 0813-5000-4556 dan dapatkan marmer berkualitas dengan harga murah!

0 comments

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page