top of page
logo hellenoz white
Search

Aplikasi Top Table Granit untuk Dapur Mewah

Updated: Jul 18

Selain kuat dan kokoh, material batu granit yang alami terkenal cantik dan unik. Penggunaan batu granit untuk top table dapat menciptakan tampilan yang mewah pada dapur Anda. Sebelum mengaplikasikan granit untuk top table kitchen set, bekali diri terlebih dahulu dengan informasi seputar batu granit berikut ini.


Top Table Granit untuk Dapur 01

Warna granit


Granit tersedia dalam berbagai varian warna dan pola vein. Top table granit dengan warna yang menarik akan menambah daya tarik dari dapur itu sendiri. Tidak hanya itu, varian warna yang tersedia membuat granit dapat dipergunakan dalam berbagai jenis gaya desain interior mulai dari gaya minimalis, modern, hingga gaya traditional Victorian. Berbagai pilihan warna dan varian granit yang tersedia di Hellenioz dapat menjadi pilihan top table granit yang tepat untuk rumah Anda, dengan harga yang lebih terjangkau.


Konsistensi pola vein


Pola vein berupa garis-garis dalam pola tidak teratur merupakan salah satu ciri batu alam granit. Pola inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama granit. Beberapa variasi atau jenis granit memiliki pola vein yang konsisten antara satu slab dengan slab lainnya. Namun, pada beberapa variasi lain, setiap slab memiliki pola vein yang jauh berbeda satu sama lain, walaupun berasal dari bongkahan besar yang sama.


Pola vein granit sangat beragam. Anda dapat menemukan pola vein yang menyerupai hamparan pasir, bintik-bintik, putaran angin, dan berbagai pola lainnya. Kombinasi antara pola vein dan pilihan warna yang ada membuatnya dapat diaplikasikan pada berbagai jenis desain.


Konsistensi dari pola vein pada granit perlu dijadikan bahan pertimbangan bagi para pemilik hunian yang menghendaki sebuah top table granit. Sangat dianjurkan untuk mereview granit yang akan dijadikan top table dalam bentuk aslinya atau dalam bentuk slab, untuk memberikan gambaran nyata tentang tampilan akhir dari produk tersebut dalam dapur mereka. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal tidak terduga pada proses pemasangan nantinya.


Slab granit dalam bentuk utuh bisa saja memiliki ketidaksempurnaan yang hadir dalam bentuk spot-spot yang terlihat dan terasa kasar atau berbentu pit (lubang-lubang kecil). Bentuk ketidaksempurnaan tersebut merupakan hal yang alami dan dapat disempurnakan dengan teknik polishing yang tepat.



Ukuran slab atau lembaran granit


Granit dalam bentuk aslinya tersedia dalam bentuk slab dengan ukuran yang bervariasi. Lebar lempengan granit berkisar antara 290-350 cm dan tinggi antara 130-200 cm. perbedaan ukuran ini sangat bermanfaat terutama bagi pemilik hunian yang menginginkan top table granit dalam ukuran yang lebih luas dari biasa.

Dalam situasi di mana pembuatan top table granit membutuhkan penggabungan antara dua slab atau lebih, maka Anda tidak perlu khawatir. Pemilihan warna dan pola vein yang tepat akan sangat membantu dalam membuat sambungan atau seam tadi hampir tidak terlihat dan memberi kesan seakan-akan seluruh bagian top table tersebut berasal dari satu slab saja.




Top Table Granit untuk Dapur 02


Keunggulan


Keunggulan utama yang membuat granit sangat populer adalah kekuatan dan daya tahannya. Granit dikenal sebagai batu alam yang memiliki fitur atau karakteristik berupa:


Scratch resistant


Dalam skala Mohs, granit berada pada level tertinggi di bawah berlian. Artinya, granit merupakan bahan alam yang tahan gores. Hal ini tentu saja membuatnya sangat cocok dipergunakan sebagai top table di mana berbagai aktivitas terjadi setiap harinya. Para pemilik top table granit tidak perlu khawatir akan munculnya goresan di permukaan granit. Jenis material yang dapat membuat goresan di batu granit hanyalah batu granit lainnya ataupun potongan berlian.


Heat resistant


Granit dengan karakteristik heat resistant atau tahan panas membuatnya sangat ideal sebagai top table. Material alam ini dapat diletakan dekat dengan kompor ataupun cooktop. Anda dapat meletakan panci panas secara langsung di atas top table granit tanpa masalah apapun. Faktanya, granit dapat menahan panas hingga 12000 F atau sekitar 6490 C.


Stain resistant


Dibandingkan dengan batu alam lainnya, granit merupakan batu alam yang terbilang lebih tahan noda. Daya tahan granit terhadap noda dari cairan yang bersifat asam seperti jeruk, asam cuka, dan berbagai jenis produk pembersih terbilang sangat tinggi. Hal ini tidak berarti bahwa granit tidak benar-benar anti noda, namun dapat dikatakan bahwa granit merupakan batu alam terbaik dalam golongan ini. Kemampuan dan daya tahan granit akan meningkat drastis dengan pemberian aplikasi coating pada permukaannya.


Top Table Granit untuk Dapur 03

Harga granit


Dari segi harga, batu alam granit terbilang tinggi terutama bila dibandingkan dengan batu alam lain. Namun dari segi ketahanan, granit dapat bertahan hingga puluhan tahun bahkan dapat diwariskan kepada anak cucu. Dari sisi ini, terlihat bahwa investasi awal yang dipergunakan untuk membeli top table granit tidaklah sia-sia.

Harga granit juga sangat tergantung pada jenis atau varian granit itu sendiri serta supplier atau tempat pembeliannya. Untuk pembelian batu alam seperti marmer dan granit dengan harga yang lebih terjangkau, Hellenoz Stone Gallery menjadi pilihan yang tepat. Namun hal paling penting dari Hellenoz bukanlah harga yang terjangkau, melainkan kualitas batu alam impor yang tidak perlu diragukan lagi.



Cara merawat dan membersihkan top table granit


Dari segi perawatan, batu alam ini tidak membutuhkan banyak hal. Proses perawatan yang terbilang cukup mudah menjadi salah satu keunggulannya. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan top table granit adalah pemberian coating atau lapisan pelindung.


Lapisan pelindung ini akan memberikan perlindungan tambahan terutama terhadap noda. Noda yang tumpah dan mengenai permukaan top table akan tertahan oleh lapisan ini sehingga tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam pori-pori granit dan juga membuatnya lebih mudah dibersihkan. Aplikasi coating itu sendiri perlu dilakukan secara berkala minimal satu tahun sekali tergantung pada kualitas dan jenis coating yang dipergunakan. Untuk coating berkala, Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan produk dari Italia bernama Hellenoz Stone Coating.



Untuk membersihkan noda dan kotoran pada permukaan top table granit, Anda cukup menggunakan kain, air, dan sabun lembut. Hindari penggunaan pemutih, asam cuka, dan bahan pembersih lain yang mengandung asam untuk membersihkan permukaan granit. Secara umum, granit memiliki sifat tahan terhadap noda dari cairan asam tersebut. Namun, penggunaan bahan asam untuk membersihkan permukaan top table akan melemahkan kekuatan dari lapisan pelindung tadi dan membuat Anda harus lebih sering mengaplikasikan coating tersebut.


Untuk cara yang lebih mudah dalam hal perawatan dan membersihkan granit, Anda juga dapat menggunakan produk khusus yang ditujukan untuk hal tersebut. Beberapa produk seperti Hellenoz Stone Coating, Hellenoz Daily Cleaner, dan Hellenoz Surface Disinfectant.


Hellenoz merupakan supplier batu alam yang berlokasi di jantung kota Jakarta. Di sini, Anda akan menemukan ratusan ragam jenis batu alam impor seperti granit, marmer dan onyx dengan harga yang lebih terjangkau. Kehadiran Hellenoz menjadi jawaban bagi Anda yang memimpikan hunian mewah dan elegan dengan sentuhan batu alam dengan budget yang ramah di kantong.


Jangan ragu untuk datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556.

Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubunginomor telepon 021-722-5080..

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page