top of page
logo hellenoz white
Search

7 Tips Memilih Warna Meja Dapur Granit Agar Tampil Mewah dan Berkelas

Updated: Dec 24, 2022

Countertop atau meja dapur adalah salah satu bagian rumah yang paling cocok untuk pengaplikasian batu alam seperti marmer dan granit. Berdasarkan fungsinya, granit adalah batu alam yang paling cocok digunakan karena ketahanannya. Kesan mewah dan elegan pada dapur akan diperoleh jika Anda mampu memilih warna marmer atau granit yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan memilih warna granit untuk countertop.


meja dapur marmer granit murah

1. Cahaya yang masuk ke ruang dapur


Cahaya yang masuk ke dalam ruangan adalah pertimbangan paling pertama sebelum memilih warna granit. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi aktivitas pengolahan makanan yang akan Anda lakukan di dapur nantinya. Terutama bagi Anda yang juga mempertimbangkan gaya hidup ramah lingkungan dengan menghemat penggunaan lampu dan listrik.


Anda disarankan untuk menggunakan granit dengan warna yang cenderung terang seperti putih jika dapur Anda cenderung tidak mendapat sinar matahari yang cukup. Dengan demikian, Anda akn mendapat nuansa terang sehingga tidak mengganggu aktivitas pengolahan makanan yang nantinya akan Anda lakukan di atasnya. Sementara jika dapur Anda mendapat banyak cahaya, warna gelap seperti hitam dan coklat akan memberikan kesan elegan yang istimewa.



2. Perhatikan psikologi warna


Warna tertentu memiliki pengaruh psikologi terhadap manusia, begitu pula dengan warna-warna yang ada pada granit. Berikut adalah efek psikologi warna-warna yang umum dan dominan pada granit:


Putih memberikan kesan yang terang dan luas sehingga cocok untuk digunakan pada dapur yang tidak terlalu luas untuk memberikan kesan lega. Granit dengan warna dominan putih dapat diaplikasikan terhadap berbagai kondisi dan desain ruangan. Hal ini karena warna putih sendiri memberikan kesan yang terang dan mudah dipadukan dengan berbagai warna dan gaya lainnya pada dapur Anda.


Hijau adalah warna yang dapat memberikan efek menenangkan karena sering dihubungkan dengan alam. Granit warna hijau tergolong langka sehingga akan lebih prestisius jika dimiliki. Hal tersebut tentunya akan membuat countertop dapur Anda akan tampak lebih istimewa.


Coklat merupakan warna yang kurang menstimulasi, namun identik dengan warna bumi sehingga menimbulkan efek kekuatan dan keamanan. Ada banyak sekali granit yang memiliki warna dominan coklat atau kecoklatan. Warna ini juga tergolong netral dan cocok bagi Anda yang ingin dapur dengan nuansa yang memberikan kekuatan dan keamanan.


Abu-abu adalah warna netral yang paling sedikit menimbulkan efek kelelahan pada mata. Warna ini juga melambangkan kepraktisan yang tidak lekang oleh waktu. Sebagai warna super netral, abu-abu sangat cocok dengan konsep minimalis. Meski banyak yang merasa abu-abu agak membosankan, namun pada granit warna ini akan berpadu dengan warna lainnya sehingga lebih hidup dan menarik.


Hitam adalah warna yang melambangkan selera sehingga memberikan kesan elegan dan istimewa ketika digunakan. Jika Anda ingin menonjolkan kemewahan pada dapur, hitam adalah warna yang paling cocok untuk Anda. Warna ini juga menambah kesan elegan yang berkelas sehingga dapur Anda akan terlihat sangat istimewa.


3. Sesuaikan dengan tema ruangan


Anda mungkin sudah menentukan konsep desain untuk setiap ruangan di rumah Anda, termasuk untuk bagian dapur. Pemilihan warna juga dapat disesuaikan dengan konsep atau tema yang Anda terapkan untuk dapur. Misalnya jika Anda menerapkan konsep minimalis, maka warna hitam, putih dan abu-abu adalah pilihan yang paling tepat buat Anda. Namun jika Anda memilih tema tropis, warna hijau mungkin lebih memberikan warna dan sesuai dengan tema tersebut.


4. Sesuaikan dengan interior


Jika Anda menerapkan gaya desain interior tertentu, misalnya desain luxury interior, Anda dapat menyesuaikan warna granit untuk dipakai sebagai countertop. Dalam hal ini warna hitam tentu saja merupakan pilihan yang tepat karena memberikan kesan selera yang berkelas dan elegan. Anda juga dapat menggunakan warna putih yang melambangkan kemurnian dan keistimewaan maupun warna lainnya sesuai dengan interior yang ada.


5. Pilih corak yang tepat


Corak atau motif yang ada pada granit umumnya berupa bintik-bintik yang tidak teratur dari segi bentuk, ukuran serta perpaduan warnanya. Seringkali Anda perlu memperkirakan motif dan warna granit tertentu apakah dapat sesuai dengan desain interior secara keseluruhan dapur Anda. Dalam hal ini Anda perlu berdiskusi dengan desainer Anda atau meminta saran dari penyedia granit yang Anda percayakan.



6. Pastikan kualitas granit yang dipilih


Granit memang merupakan material alami yang dikenal dengan kekuatannya. Untuk memastikan bahwa granit yang Anda gunakan benar-benar berkualitas, Anda dapat bertanya langsung kepada penyedia granit terpercaya mengenai kualitas batuannya. Umumnya, penyedia granit berkualitas akan melakukan quality control terhadap setiap produk yang Anda pesan. Kontrol ini termasuk bagaimana granit tersebut terlihat dan serangkaian tes lainnya untuk memastikan setiap produk aman digunakan sebagaimana fungsinya.


Sebagai salah satu penentu kualitas, warna pada granit juga termasuk hal yang menjadi perhatian saat quality control. Seperti diketahui, pembuatan produk dari granit melibatkan mesin dan bahan kimia yang mungkin akan mempengaruhi tekstur dan tampilan granit itu sendiri. Meski sudah melewati serangkaian quality control, seringkali kualitas jangka panjang juga ditentukan oleh penggunaan dan pemeliharaannya.


7. Lakukan hal ini agar kilau warna granit selalu terjaga


Granit merupakan batu alam dengan harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan batu alam lainnya. Untuk itu, Anda sebaiknya secara rutin melakukan serangkaian perawatan yang dibutuhkan pada countertop granit. Anda dapat melakukannya secara mandiri dengan menggunakan produk khusus batu alam dari Hellenoz.


Hellenoz merupakan supplier marmer dan granit impor dengan harga murah di Jakarta. Selain menyediakan ratusan jenis batu alam, Hellenoz juga menyediakan produk perawatan khusus batu alam. Ada tiga jenis produk yang diformulasikan langsung dari Italia yang merupakan negara penghasil batu alam terbesar di dunia. Produk tersebut adalah Hellenoz Stone Coating, Hellenoz Daily Cleaner dan Hellenoz Surface Disinfectant. Produk-produk tersebut sudah teruji di laboratorium khusus batu alam dapat menjaga kilau batu alam dan aman digunakan dalam jangka panjang.



Nah, itulah cara dan tips memilih warna granit untuk countertop atau meja dapur sehingga dapur Anda tampil istimewa. Perlu diingat bahwa selain memilih warna, Anda juga perlu memastikan kualitas warna dan kualitas batuan granit yang Anda pilih. Anda juga sangat disarankan untuk melakukan perawatan rutin, sehingga keistimewaan alami countertop Anda selalu terjaga dan bertahan untuk waktu yang lama. Anda dapat menemukan seluruh kebutuhan marmer dan granit di Hellenoz dengan harga murah.


Jangan ragu untuk datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556.

Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubunginomor telepon 021-722-5080.


Semoga membantu!

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page