top of page
Search

Cara Merawat Marmer Agar Selalu Mengkilap

Updated: Jul 23


Cara Merawat Marmer Agar Selalu Mengkilap

Jenis finishing marmer paling diminati adalah polished dengan tampilan permukaan marmer yang mengkilap. Dengan finishing ini, keindahan warna dan motif marmer akan semakin menonjol. Namun kesalahan dalam perawatan dapat membuat kilap marmer perlahan-lahan memudar. Agar selalu mengkilap ada beberapa cara merawat marmer yang bisa kamu lakukan.


Bersihkan marmer secara rutin


Jika kamu tidak membersihkan lantai atau dinding marmer secara teratur, debu dapat menumpuk di permukaan marmer. Bukan hanya membuat marmer terlihat kusam, hal tersebut juga dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. Karena alasan itulah, permukaan marmer harus rajin dibersihkan minimal dengan sapu setiap hari.


Kamu juga perlu mengepel lantai marmer secara teratur. Gunakanlah kain lembut atau spons untuk mengepel atau mengelap permukaan marmer. Hindari menggunakan kain dengan permukaan yang keras karena dapat menimbulkan goresan pada marmer. Jangan gunakan kain pel atau lap yang terlalu basah karena air dapat terserap ke dalam pori-pori marmer. Pastikan agar permukaan marmer cepat kering setelah dipel atau dilap.


Jangan gunakan obat pembersih lantai


Marmer memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan produk pelapis lain seperti keramik. Jadi perawatan marmer juga berbeda dengan keramik. Untuk itu, jangan gunakan obat pembersih lantai yang banyak ditemui di toko atau supermarket untuk membersihkan marmer. Mayoritas produk pembersih lantai mayoritas mengandung asam, alkali dan bahan kimia yang dapat merusak batu marmer. Alih-alih membersihkan marmer, obat pembersih lantai tersebut justru dapat menyebabkan marmer kusam, kilap warnanya pudar, terkikis atau rusak dalam jangka panjang.


Jangan tunda, segera bersihkan tumpahan


Jika ada tumpahan makanan atau minuman di permukaan marmer, jangan menunggu terlalu lama untuk membersihkannya. Segera pel atau lap tumpahan tersebut sebelum meninggalkan noda pada marmer. Jika terlalu lama dibersihkan, tumpahan minuman bersoda, obat merah, cat atau makanan dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. Noda permanen akan sulit dibersihkan sendiri. Jika marmer sudah terlanjur ternoda, sebaiknya gunakan jasa restorasi marmer profesional.


Lapisan Pelindung atau Coating


Coating marmer adalah pemberian lapisan pelindung agar cairan atau noda tidak terserap ke dalam pori-pori marmer. Lapisan ini juga melindungi marmer sehingga tidak mudah tergores. Coating tidak akan mengurangi kilau marmer tapi justru menjaga agar kilap marmer lebih awet.


Jasa instalasi marmer profesional biasanya sudah termasuk poles, finishing dan coating. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan perawatan marmer sendiri. Untuk perawatan ini kamu juga bisa melakukan coating marmer tambahan setelah marmer digunakan cukup lama.


Produk coating marmer yang direkomendasikan adalah Hellenoz Stone Coating. Produk Italia ini dapat kamu aplikasikan sendiri pada permukaan marmer. Produk ini sudah teruji di laboratorium khusus batu alam. Jadi kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Untuk mendapatkan produk perawatan marmer terbaik dari Italy, kamu bisa menghubungi Hellenoz Stone Gallery di nomor WhatsApp 0813-5000-4556 . Sebelum terlambat, segera lindungi marmermu dengan produk yang tepat!



0 comments

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page