top of page
logo hellenoz white
Search

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Membersihkan Lantai Marmer

Updated: Dec 19, 2022


cara membersihkan marmer

Agar keindahannya tetap terjaga, lantai marmer harus rutin dibersihkan. Namun membersihkan lantai marmer harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Salah-salah, lantai marmer bisa kehilangan kilap, terkikis atau rusak. Berikut ini beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat membersihkan marmer beserta solusinya.


1. Menggunakan kain pel yang terlalu basah


Membersihkan lantai marmer dengan kain pel yang basah kuyup untuk menghilangkan noda pada lantai marmer justru dapat menyebabkan air mengalir dan masuk ke pori-pori batu marmer. Sebaiknya cukup gunakan kain pel yang lembap atau tidak terlalu basah dengan air yang bersih agar tidak merusak permukaan marmer.


Kendati demikian, jangan menggunakan air sebagai bahan tunggal untuk membersihkan marmer. Gunakan produk pembersih khusus marmer dan batu alam dengan kandungan yang aman sehingga kilap marmer tetap terjaga.


2. Menggunakan kain pel berminyak atau berlilin


Dalam membersihkan lantai marmer, hindari menggunakan kain pel atau spons yang telah dicelupkan ke dalam bahan lilin atau minyak. Residu dari minyak dan lilin dapat terserap dan masuk ke pori-pori batu marmer. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya warna lain atau perubahan warna pada batu marmer secara permanen.


Untuk membersihkan tumpahan noda atau cairan di atas permukaan marmer gunakan pel kering, kain atau spons segera setelah cairan tersebut tumpah. Penggunaan kain kering dapat merendam tumpahan dengan lebih baik sehingga tidak meninggalkan residu di dalam pori-pori batu marmer.


3. Asal menggunakan produk pembersih lantai


Produk pembersih lantai yang dijual di toko mayoritas mengandung asam, alkali dan bahan kimia yang dapat merusak batu marmer. Alih-alih membersihkan marmer, obat pembersih lantai tersebut justru dapat menyebabkan marmer kusam, warnanya pudar, terkikis atau rusak dalam jangka panjang.



4. Membersihkan marmer dengan cuka dan lemon


Dalam membersihkan permukaan lantai marmer sangat tidak disarankan menggunakan cuka, susu, lemon atau amonia. Bahan-bahan tersebut sangat asam atau sangat basa yang dapat merusak marmer. Sebaiknya gunakan produk pembersih khusus marmer atau batu alam yang terpercaya.


5. Membersihkan marmer dengan bahan abrasif


Bahan abrasif seperti pembersih kamar mandi tidak cocok untuk membersihkan lantai marmer. Produk tersebut tidak dirancang untuk batu alam. Jadi menghilangkan noda pada marmer dengan obat pembersih abrasif justru dapat menyebabkan kerusakan yang nyata pada lantai marmer. Sebaiknya gunakan produk khusus perawatan marmer yang dirancang khusus untuk membersihkan marmer.


6. Membiarkan tumpahan noda terlalu lama


Pori-pori batu marmer dapat menyerap noda seperti minuman bersoda, kopi, anggur, jus, obat luka atau tumpahan makanan. Jika dibiarkan terlalu lama, noda yang tercipta pada permukaan marmer akan sulit dibersihkan atau permanen. Cara terbaik untuk menghindari kerusakan permanen pada marmer adalah dengan segera menyeka noda yang tumpah ke permukaan marmer. Kamu bisa menggunakan pel bersih dan kering, kain katun, sapu atau spons.



Produk khusus pembersih marmer


Marmer merupakan batu kokoh yang dapat bertahan lama jika rutin dibersihkan dan dirawat dengan baik. Namun seperti ulasan di atas pembersihan marmer harus dilakukan dengan cara yang benar. Pemilihan bahan pembersihnya juga harus tepat yakni produk pembersih khusus marmer dan batu alam.


Untuk pembersih marmer, kami merekomendasikan Hellenoz Daily Cleaner yang merupakan produk pembersih khusus marmer dan batu alam. Produk Italy ini berfungsi untuk membersihkan marmer dari debu dan noda ringan sehari-hari. Yang pasti, produk ini memiliki kandungan yang tidak akan merusak permukaan marmer. Jadi meskipun digunakan setiap hari tidak akan membuat marmer menjadi kusam dan kehilangan kilaunya.


Selain Hellenoz Daily Cleaner, ada dua produk perawatan marmer lainnya dari Hellenoz yakni Hellenoz Stone Coating dan Hellenoz Surface Disinfectant. Produk perawatan marmer Hellenoz telah tersedia di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Kamu juga bisa order sekarang melalui WhatsApp di 0813 5000 4556. Pastikan untuk selalu menggunakan produk perawatan marmer yang aman dan teruji!

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page