top of page
Search

Ide Penggunaan Batu Alam di Kamar Mandi

Updated: Jul 18

Kamar mandi adalah area pribadi yang harus dibuat senyaman mungkin. Selain mengutamakan fungsi, faktor estetika juga harus diperhatikan dalam membangun kamar mandi agar terlihat indah. Batu alam bisa menjadi material pilihan untuk menciptakan kamar mandi yang cantik dan menarik.


Jika tertarik untuk mengaplikasikan batu alam, berikut ini beberapa ide penggunaan batu alam di kamar mandi yang bisa Anda terapkan:


Penggunaan Batu Alam di Kamar Mandi

Lantai dan dinding shower


Batu alam sebagai dinding shower akan terlihat super keren. Granit merupakan jenis batu alam kamar mandi yang paling populer berkat sifatnya yang tahan asam dan tahan panas. Pilihan lain adalah slate yang dikenal bersifat anti air. Perlu diperhatikan untuk memilih jenis finishing yang anti slip sehingga lebih aman bagi pengguna. Selain itu, penggunaan coating merupakan hal wajib untuk menjaga agar air tidak dapat masuk ke dalam pori-pori dan merusak tampilannya.

Di sisi lain, material alam ini juga dapat dipergunakan sebagai dinding kamar mandi. Anda dapat menggunakannya sebagai aksen dekoratif untuk memecah tampilan yang terlalu monoton, sebagai dinding aksen dimana batu alam hanya dipergunakan pada salah satu sisi dinding, ataupun menggunakannya pada separuh dinding saja. Untuk aplikasi ini, jenis finishing yang dapat dipergunakan lebih bervariasi mulai dari yang smooth hingga bertekstur.

Countertop dan make-up vanity


Ide penggunaan batu alam untuk kamar mandi yang juga dapat dicoba adalah pada countertop dan make-up vanity. Material ini dapat memberikan sentuhan spesial dalam kamar mandi berukuran kecil sekalipun. Ide ini cocok bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan batu alam di seluruh area kamar mandi, namun tetap mendambakan pesonanya.



Jenis batu alam kamar mandi yang dapat dipergunakan untuk aplikasi ini sangat beragam mulai dari granit, marmer, travertine dan quartzite. Batu alam tersedia dalam berbagai pilihan warna dan pola vein, sehingga dapat dipergunakan untuk segala jenis desain yang sesuai dengan selera masing-masing pemilik yang berbeda-beda.


Backsplash


Backsplash tidak hanya terbatas pada area dapur saja. Anda juga menambahkannya di belakang vanity atau countertop kamar mandi. Fungsi utama backsplash adalah menahan percikan air dan berbagai material lain sehingga tidak langsung mengenai permukaan dinding. Tidak hanya itu, elemen ini juga dapat dijadikan bagian dari dekorasi untuk memperindah ruangan. Dari segala jenis material yang dapat dipergunakan untuk backsplash, mengapa tidak menggunakan batu alam?

Anda dapat menggunakan jenis batu alam kamar mandi yang sama dengan vanity untuk kesan seragam. Pilihan lainnya adalah menggunakan warna dan tekstur yang berbeda untuk tampilan yang lebih kontras. Jenis batu alam kamar mandi yang dipergunakan tidak harus sama. Perpaduan warna dan jenis yang berbeda akan menghasilkan tampilan yang hangat dan menonjolkan kepribadian Anda sebagai pemilik.

Salah satu ide penggunaan batu alam untuk kamar mandi khususnya area backsplash adalah dengan menggunakan onyx. Padukan dengan sistem penerangan recessed lighting di bagian belakang backsplash onyx untuk menghadirkan manfaat ganda. Selain sebagai penerangan, lampu tersebut akan menerangi onyx dari belakang. Onyx, dengan sifatnya yang tembus cahaya akan membuat area backsplash tersebut lebih menawan. Untuk penggunaan onyx sebagai backsplash ataupun di area lain dalam kamar mandi, pergunakan lapisan tambahan berupa plexiglass untuk melindungi batu alam lembut yang satu ini.

Sinks


Pada umumnya, terdapat dua tipe sinks yang dipergunakan dalam kamar mandi, yaitu undermount dan vessel sinks. Undermount sinks merupakan tipe sink dengan permukaan yang sama tinggi dengan countertop. Sementara vessel sink terlihat seperti mangkuk besar yang diletakkan di atas countertop. Saat ini, tersedia begitu banyak pilihan vessel sink dalam aneka bentuk, model, dan material termasuk batu alam.


Kelebihan utama dari vessel sink batu alam adalah dari segi tampilan yang berbeda dengan material lain. Sebagai elemen yang bersifat fungsional sekaligus dekoratif, Anda dapat mempergunakan batu alam dengan pola vein yang lebih menonjol untuk memperkuat pesonanya. Jenis batu alam kamar mandi yang dapat dipergunakan sebagai sink adalah granit, marmer, serta travertine.



Elemen pelengkap dalam kamar mandi


Berbagai elemen lain dalam kamar mandi juga dapat menggunakan batu alam. Ide penggunaan batu alam untuk kamar mandi dalam hal ini bisa sebagai wall caps, threshold, hingga bangku di area shower. Wall caps ini dipergunakan pada dinding kamar mandi yang terbagi menjadi dua bagian. Sebagai contoh, dinding dari sebuah area shower terbuat dari batu alam dan kaca, maka pada bagian atas dinding tersebut dapat ditambahkan wall cap dari batu alam sebagai sentuhan akhir yang cantik.


Sementara itu, threshold merupakan elemen yang membatasi antara area shower dengan area kamar mandi lainnya, atau antara kamar mandi dengan ruangan lain. Penggunaan threshold ini dimaksudkan untuk membatasi pergerakan air sehingga tidak meluap ke tempat lain. Jenis batu alam kamar mandi yang dapat dipergunakan untuk tujuan ini adalah marmer dan granit, berkat ketersediaannya dalam ragam warna dan pola vein.

Ide penggunaan batu alam untuk kamar mandi lainnya adalah sebagai bangku di area shower. Anda dapat menggunakan bangku batu alam ini untuk berbagai hal, namun satu hal yang pasti, penambahan elemen ini dapat memberikan kesan mewah yang tidak terbayang sebelumnya. Jenis batu alam kamar mandi yang dapat dipergunakan adalah granit, marmer, atau jenis batu alam lain yang sama dengan dinding dan lantai shower tersebut.


Jenis batu alam kamar mandi yang lebih populer untuk berbagai aplikasi tersebut adalah granit, marmer, dan slate. Namun, beberapa jenis batu alam limestone dan travertine juga memiliki tempat tersendiri sehingga dapat dipergunakan dalam ruangan ini. Jenis batu alam kamar mandi yang dipilih bukan hanya akan mempengaruhi tampilan ruangan, namun juga mempengaruhi performa dan jenis perawatan yang dibutuhkan.


Beberapa jenis batu alam seperti marmer membutuhkan perawatan lebih mengingat sifatnya yang lebih mudah tergores dibandingkan granit. Onyx juga membutuhkan perawatan lebih dalam hal penambahan lapisan pelindung plexiglass serta penempatannya yang tidak dapat dilakukan sembarangan. Apapun jenis batu alam yang dipergunakan, sangat disarankan untuk menggunakan coating berkualitas untuk mencegah air dan noda untuk meresap masuk dan merusak tampilan batu alam kamar mandi Anda.

Menemukan batu alam terbaik di Hellenoz


Penggunaan jenis batu alam kamar mandi berkualitas merupakan syarat utama untuk mendapatkan tampilan yang sesuai keinginan dan pastinya tahan lama. Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan ragam jenis batu alam berkualitas mulai dari batu alam granit, marmer, travertine, onyx, sandstone, Hellenoz adalah jawabannya.


Hellenoz hadir dengan koleksi lengkap ratusan jenis batu alam impor yang berasal dari berbagai negara di dunia. Anda dapat menemukan batu alam berbagai jenis dengan harga relatif murah di Hellenoz. Dengan demikian, Anda bisa mewujudkan impian untuk membangun hunian dan kamar mandi mewah berlapis batu alam. Mewah tak harus mahal, tapi tetap harus berkualitas.


Lokasi Hellenoz juga sangat strategis dan mudah dijangkau. Anda bisa menemukan batu onyx terbaik dengan harga terjangkau di jantung kota Jakarta. Anda bisa datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556.


Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubunginomor telepon 021-722-5080.

Untuk berkonsultasi dengan staf marketing Hellenoz, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page