top of page
Search

Inspirasi Backsplash dari Travertine untuk Dapur Menawan

Updated: Dec 24, 2022



Dapur adalah salah satu area di dalam hunian yang mudah kotor. Pasalnya area ini bersentuhan langsung dengan minyak, bumbu masakan, daging, dan sebagainya. Dapur yang awalnya tampak indah pun berubah menjadi kotor dan kusam, terutama di bagian dinding.


Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan backsplash. Backsplash ini adalah dinding khusus yang dipasang di sekitar kompor dan meja persiapan. Fungsinya untuk melindungi dinding dari noda masakan. Selain itu juga untuk mendukung penampilan interior dapur.


Backsplash yang baik memiliki kriteria seperti permukaan yang tidak mudah menyerap noda dalam bentuk minyak dan air. Material backsplash juga wajib tahan panas, serta mudah dibersihkan dengan menggunakan kain dan air saja.


Keramik merupakan material populer untuk melapisi backsplash. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan material lain. Misalnya saja batu travertine yang memiliki tampilan klasik nan bersejarah.


Batu travertine sendiri memiliki keunggulan tahan air dan panas. Sangat cocok dengan kriteria backsplash yang baik, bukan? Ditambah lagi, batu travertine tahan digunakan dalam jangka waktu panjang.


Tertarik untuk menggunakan travertine sebagai material backsplash? Silakan simak ragam inspirasi backsplash dari travertine berikut ini!


Travertine dalam potongan kecil


Inspirasi pertama adalah backsplash dengan travertine berwarna putih. Batu travertine yang digunakan berukuran kecil-kecil dan memiliki bentuk persegi panjang. Batu-batu ini disusun menyerupai batu bata. Karena merupakan material alami, warna batu travertine ini tidak rata. Meski begitu, tampilannya malah semakin menawan.


Inspirasi ini cocok diterapkan di dapur Anda yang bergaya minimalis atau pun klasik modern. Pada dasarnya, warna batu travertine ini cocok dipadukan dengan warna apa saja. Tapi, tidak ada salahnya jika mau menyamakan warna kitchen set sesuai dengan warna batu tersebut.

Bagian permukaan meja atau counter top menggunakan batu granit berwarna hitam. Semakin menarik saja, ya?



Perpaduan Travertine Aneka Warna


Tidak semua batu travertine memiliki warna yang sama persis. Namun, Anda tetap bisa membuatnya tampil sempurna untuk backsplash. Misalnya perpaduan backsplash dengan batu travertine warna cokelat, abu-abu, dan cream ini. Potongannya berbentuk persegi panjang.


Pada area di balik kompor, batu travertine disusun dengan pola herringbone. Sedangkan di area lainnya, batu disusun secara horizontal layaknya memasang batu bata. Saat memasang batu travertine pada backsplash, Anda tidak perlu mengelompokkan warnanya. Susun saja secara acak supaya terpancar kesan alaminya.


Kombinasikan backsplash travertine warna-warni ini dengan kitchen set berwarna netral. Biarkan area backsplash terlihat kontras dan menjadi pusat perhatian di dalam dapur.


Backsplash Travertine yang Modern dan Dramatis


Batu travertine terkenal memiliki tampilan yang bersejarah. Namun, tampilan seperti ini tidak menghalanginya untuk menghiasi dapur modern milik Anda. Pertama-tama, gunakan batu travertine yang berwarna putih untuk area backsplash. Lalu padukan juga dengan kitchenset warna putih. Dalam inspirasi berikut, bagian counter top menggunakan material batu granit warna putih juga.


Batu travertine pada backsplash dibuat dengan hammered finishing. Proses finishing ini menggunakan alat bantu palu. Permukaan batu akan diketuk hingga memiliki tekstur yang kasar dan tidak beraturan. Untuk menambahkan kesan dramatis sekaligus menonjolkan tekstur batu travertine tersebut, pasang pencahayaan dari atas backsplash.


Backsplash yang Serasi dengan Lantai


Inspirasi berikutnya cocok untuk Anda yang enggan repot memikirkan keserasian interior dapur. Pasalnya area backsplash dan lantai menggunakan batu travertine yang sama. Warnanya didominasi cream dengan sedikit sentuhan putih. Aspek yang membedakan keduanya adalah bentuk dan ukuran.


Batu travertine pada backsplash berukuran kecil dan bentuknya persegi panjang. Sedangkan batu travertine pada lantai, berukuran sedang dan bentuknya persegi. Corak masing-masing potongan berbeda, namun tetap terlihat serasi.


Backsplash dari batu travertine ini dapat dipadukan dengan kitchen set dari kayu dan stainless steel. Perpaduannya menciptakan kesan yang tradisional sekaligus clean.


Backsplash Bernuansa Tradisional dan Hangat


Batu alam secara umum memiliki sifat yang dingin dan membawa kesejukkan di dalam ruangan. Meski begitu, batu alam dapat dibuat tampil hangat. Misalnya saja backsplash dari batu travertine yang berwarna cream ini. Backsplash-nya dibuat di sepanjang kitchen set. Bagian dekat kompor menggunakan batu travertine dengan hammered finishing. Sedangkan backsplash di sekitarnya menggunakan honed finishing.


Tampilannya menjadi hangat lantaran dipadukan dengan furnitur dari kayu yang bergaya tradisional. Pencahayaan pun dibuat temaram dengan cahaya kuning.



Backsplash Travertine Bergaya Mediterania


Fungsi backsplash memang untuk melindungi dinding dari noda masakan. Tapi bukan berarti harus tampil apa adanya. Dinding backsplash pun bisa dibuat menawan dengan tambahan dekorasi.


Backsplash dari travertine ini terdiri dari susunan potongan batu yang berbentuk belah ketupat. Pada bagian tengah ada bingkai khusus sebagai dekorasi. Yakni potongan kecil batu travertine berbentuk persegi dengan belah ketupat dan ukiran di tengah. Desain backsplash ini cocok untuk menghiasi dapur bergaya Mediterania milik Anda.


Backsplash Travertine Berkilau


Inspirasi backsplash yang satu ini tampak berkilau. Hal ini disebabkan oleh pemilihan warna abu-abu keputihan. Lalu diberi finishing honed. Sekilas tampak seperti warna silver.


Batu travertine pada backsplash ini disusun dalam pola herringbone berukuran kecil. Perlu diingat, meski potongan batu travertine ini kecil-kecil, karakteristiknya sebagai batu yang anti panas tidak akan berkurang. Jadi, sangat tepat jika diposisikan berhadapan langsung dengan kompor.

Anda bisa memadukan backsplash ini dengan kitchen set dari kayu yang berwarna cokelat tua. Tampilannya jadi lebih kontras. Nuansa dapur tradisional pun mendapatkan sentuhan yang modern.


Backsplash Travertine dengan Bingkai Mozaik


Backsplash travertine pada inspirasi kali ini didominasi dengan warna cream. Salah satu elemen yang menonjol pada desain ini adalah bingkai pada area dekat kompor. Bingkainya dibuat dengan pola mozaik dengan lis warna emas di bagian luar. Batu travertine di bagian dalam bingkai disusun miring, berbeda dengan batu di sekitarnya.



Memilih Travertine sebagai Backsplash


Agar backsplash travertine milik Anda selalu tampil bersih dan membuat dapur jadi lebih menawan, rutinlah melakukan perawatan. Di antaranya, segera membersihkan backsplash usai memasak. Selain itu, lakukan pemolesan permukaan batu travertine secara berkala.


Tapi, yang paling penting adalah kualitas batu travertine yang Anda gunakan. Percayakan urusan ini kepada Hellenoz Stone Galerry. Kami adalah perusahaan importir batu alam di Indonesia yang menyediakan aneka ragam batu travertine berkualitas tinggi.


Di samping itu, proses pemotongan batu travertine menggunakan mesin berteknologi tinggi. Hasil potongannya amat presisi dan konsisten. Hellenoz juga melayani proses pemasangan yang dibantu oleh tenaga profesional. Hal ini semata-mata untuk memberikan hasil akhir yang sesuai dengan ekspektasi konsumen.


Selain batu travertine, Hellenoz juga menyediakan ratusan jenis batu alam. Termasuk marmer, granit, onyx, sandstone, dan lain-lain.


Siapkah Anda menghadirkan backsplash travertine untuk tampilan dapur yang lebih menawan? Konsultasikan dengan staf marketing Hellenoz dengan menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.

0 comments

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page