top of page
Search

Jenis-jenis Batu Alam yang Cocok untuk Fasad Rumah Mewah

Updated: Aug 1, 2023


Jenis-jenis Batu Alam yang Cocok untuk  Fasad  Rumah Mewah

Fasad menjadi bagian pertama yang dilihat orang dari sebuah rumah. Dengan posisinya itu, fasad memiliki peran yang sangat vital agar dapat menampilkan kesan rumah yang mewah dan estetik. Untuk itu, pelapis fasad dengan material batu alam menjadi pilihan utama. Ada beberapa jenis batu alam yang cocok untuk mempercantik fasad rumah.


Keunggulan fasad batu alam


Sebagai material fasad, batu alam memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan jenis material pelapis lainnya seperti keramik atau kayu. Pertama, batu alam terkenal sebagai material yang kokoh dan kuat. Hal ini dibuktikan dengan bangunan batu akan peninggalan zaman Yunani dan Romawi Kuno yang masih bertahan hingga sekarang.

Fasad yang berada di area outdoor akan terkena sinar matahari dan hujan. Jika material yang digunakan tidak kuat, fasad akan mudah rusak dan hancur. Dalam hal ini, batu alam telah terbukti mampu bertahan dengan berbagai cuaca ekstrem.



Kedua, batu alam dapat menjadi insulasi alami yang ideal. Sifat batu alam dapat membuat ruangan di rumah menjadi lebih sejuk di tengah terpaan sinar matahari. Sedangkan di cuaca yang dingin, batu alam dapat menjadikan ruangan tetap terasa hangat. Selain itu, batu alam dapat menjadi insulasi akustik yang meredam suara dari luar bangunan.


Ketiga, batu alam memiliki desain yang timeless. Berbeda dengan jenis material lain seperti keramik, motifnya akan cepat berganti dan ketinggalan zaman. Sedangkan motif batu alam yang dibuat oleh alam tidak berubah dan tetap indah dari zaman ke zaman.


Jenis batu alam yang cocok untuk fasad bangunan


Berikut ini beberapa jenis batu alam yang cocok djadikan sebagai material fasad bangunan:


Travertine


Batu travertine memiliki ciri khas yang unik. Di seluruh permukaan batu traveretine terdapat lubang-lubang alami. Selain mewah dan alami, penggunaan batu travertine untuk fasad bangunan akan memberikan kesan yang klasik namun elegan. Tampilan batu travertine juga dapat memperlihatkan kesan bangunan bersejarah karena batunya terlihat berusia ribuan tahun.



Tapi bukan berarti rumah dengan fasad batu travertine akan terlihat kuno. Batu travertine tetap cocok untuk semua konsep bangunan karena memiliki ragam warna yang netral seperti putih, beige, dan cokelat. Jadi batu travertine juga dapat dimanfaatkan untuk bangunan dengan gaya modern kontemporer.


Granit


Granit merupakan salah satu jenis batu alam yang paling kuat dan paling keras. Batu ini juga memiliki pori-pori yang kecil sehingga tingkat porositasnya sangat rendah. Sifat granit yang tidak menyerap air sangat cocok dipergunakan sebagai material di area outdoor terutama fasad. Material batu granit dapat bertahan hingga ribuan tahun meskipun dipasang di area luar ruangan.


Batu granit juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif. Hal ini akan memudahkan kita untuk menyesuaikannya dengan desain fasad rumah yang diinginkan. Granit dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih mewah dan sempurna.


Slate


Slate merupakan jenis batu alam dengan tingkat porositas yang rendah. Batu alam terbilang tahan air, tahan api, anti-noda, dan anti selip. Dengan karakteristiknya itu, slate sering disebut sebagai jenis batu alam yang paling aman dipergunakan di area outdoor. Jadi pemilihan material slate untuk fasad rumah sangat tepat.



Slate tersedia dalam beberapa pilihan warna yaitu coklat, abu-abu, hijau, dan juga orange. Slate memiliki variasi warna yang menarik dimana potongan yang berbeda akan memiliki variasi warna yang berbeda pula. Hal ini membuatnya mampu memberikan tampilan yang berbeda untuk pemasangan di satu area yang sama.


Limestone


Limestone merupakan batu alam yang dapat dipergunakan untuk segala area termasuk fasad rumah. Pilihan warna limestone cukup beragam mulai dari putih hingga coklat. Sebagian besar orang memilih batu alam jenis ini karena penampilan dan warnanya yang menyerupai kayu. Limestone memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap sinar matahari dan hujan. Namun batu alam ini sangat porous alias sangat menyerap air. Hal tersebut dapat diatai dengan penggunaan lapisan pelindung atau coating untuk melindungi batu tersebut dari noda, air, dan untuk memperkuat batu tersebut agar tidak mudah pecah.


Tak diragukan lagi, batu alam merupakan material yang tepat untuk membuat fasad rumah mewah yang estetik. Dengan banyaknya pilihan jenis batu alam yang dapat digunakan, kamu akan lebih mudah untuk menentukan desain yang tepat dan sesuai kebutuhan.


Jika ingin membangun fasad dari batu alam terbaik, kamu bisa datang ke Hellenoz Stone Gallery di Jakarta. Perusahaan ini memiliki ratusan jenis batu alam impor dari seluruh dunia. Soal harga tak perlu khawatir karena Hellenoz menjual produknya dengan harga yang lebih murah dibandingkan perusahaan lain. Kamu bisa datang ke showroom Hellenoz di Sunter dan Panglima Polim, Jakarta. Atau hubungi marketing Hellenoz melalui nomor WhatsApp 0813-5000-4556 dan dapatkan batu alam impor berkualitas dengan harga murah!

0 comments

コメント


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page