top of page
logo hellenoz white
Search

Lebih Keras dari Granit, Batu Alam Quartzite Cocok untuk Countertop

Updated: Dec 19, 2022



Untuk pelapis bagian atas meja atau countertop, batu granit masih menjadi material paling populer. Namun jika tengah mencari opsi lain yang tak kalah menarik untuk material countertop, kamu bisa mempertimbangkan quartzite. Batu alam ini lebih keras dari batu granit dan memiliki karakteristik yang unik.


Apa itu quartzite?


Quartzite adalah batuan metamorf yang terbentuk secara alami ketika sandstone yang kaya mineral quartz terpapar panas dan tekanan yang tinggi selama ribuan tahun. Quartzite memiliki tampilan seperti kaca dan seringkali menyerupai marmer.


Warna quartzite juga terbentuk secara alami. Quartzite paling banyak ditemukan di pasaran dengan warna putih dan abu-abu. Namun adanya campuran mineral lain pada quartzite dapat memunculkan warna lain seperti pink, emas atau jingga.



Batu alam quartzite ditambang dan dipotong menjadi lembaran atau slab agar bisa diaplikasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bangunan termasuk sebagai material countertop.


Karakteristik batu alam quartzite


Karakteristik utama dari batu alam quartzite adalah tingkat kekerasan batu atau hardness yagn sangat tinggi. Dalam skala skala Mohs 1-10 di mana angka 1 menunjukkan paling lembut dan angka 10 paling keras, quartzite mendapatkan skor di angka 7. Artinya, quartzite lebih keras dari batu granit yang memiliki tingkat kekerasan dalam skala Mohs sekitar 6 - 6,5. Sedangkan marmer hanya mendapatkan skala Mohs di kisaran 3.



Quartzite memiliki sifat tahan asam seperti cuka atau lemon yang sering dipergunakan di dapur. Dengan keunikannya ini, quartzite tidak mudah ternoda atau flek jika terkena cairan asam tersebut. Ditambah lagi, batu alam ini memiliki porosity yang rendah. Dengan pori-pori yang rapat dan kecil, cairan atau kotoran tidak mudah masuk ke dalam batu sehingga quartzite tidak mudah berubah warna.


Jangan tertukar dengan quartz buatan


Jika berniat membeli batu alam quartzite, pastikan kamu mendapatkan quartzite asli. Pasalnya, di pasaran banyak beredar produk quartz buatan pabrik. Produk tersebut diberi label quartz yang bukan merupakan batu alam asli.


Produk countertop quartz merupakan hasil rekayasa dari campuran beberapa bahan seperti mineral quartz, kaca, resin dan pigmen. Dengan teknologi yang semakin maju, countertop quartz bisa dibuat menyerupai marmer atau granit.



Pabrik dapat mencetak quartz menjadi berbagai bentuk untuk hampir semua aplikasi atau desain yang direncanakan. Dari sisi warna, quartz dapat dibuat dengan jenis warna yang tak terbatas termasuk menyerupai marmer dan granit.


Jika ingin mendapatkan batu alam quartzite yang asli, kamu bisa datang ke Hellenoz Stone Gallery di Jakarta. Perusahaan ini menyediakan ratusan jenis batu alam seperti marmer, granit, onyx, travertine dan juga quartzite. Untuk berkonsultasi dengan staf marketing Hellenoz, kamu bisa menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556. Hellenoz akan memastikan kamu mendapatkan quartzite asli dengan harga kompetitif!

0 comments

Comentários


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page