top of page
logo hellenoz white
Search

Proses Pengolahan Batu Granit dari Tambang Hingga ke Meja Dapur

Updated: Dec 24, 2022



Sebelum berubah menjadi meja dapur yang cantik, batu granit telah melewati proses dan perjalanan yang sangat panjang. Granit bukan merupakan produk buatan pabrik tapi batu alami yang berasal dari gunung batu. Proses pengambilan granit hingga menjadi material meja dapur tidak mudah serta melibatkan banyak orang dan peralatan.


Sejak awal sejarah manusia, granit telah dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan bangunan dan peralatan. Batu granit dahulu banyak digunakan untuk mendirikan kuil, makam, dan monumen. Sedangkan saat ini, batu granit merupakan material penting untuk menghadirkan aura keindahan alam ke dalam ruang interior dan eksterior hunian.


Salah satu penggunaan batu granit yang paling populer adalah sebagai material meja dapur atau countertop. Granit dipandang sebagai pelapis meja dapur paling ideal karena kekuatan serta permukaan batunya yang memiliki pori-pori kecil sehingga tidak mudah menyerap cairan dan kotoran.


Pertambangan granit di gunung


Sebagian besar orang sudah tidak asing dengan granit. Namun tak semuanya tahu bahwa granit merupakan batu alam asli. Banyak orang terkecoh dengan istilah granite tile yang merupakan produk buatan pabrik seperti halnya keramik. Sedangkan batu granit yang sebenarnya merupakan batuan alami yang ditambang dari gunung.



Tambang batu granit umumnya berada di daerah pegunungan. Beberapa jenis granit berkualitas dan diekspor ke seluruh dunia berasal dari Brasil, India dan Amerika Serikat. Salah satu tambang granit terbesar di dunia berada di Mount Airy, Amerika Serikat.


Ada batu granit yang terlihat di permukaan sehingga memudahkan orang untuk memotong dan mengambilnya. Namun sebagian besar batu granit harus ditambang dengan melakukan penggalian. Pekerjaan ini akan melibatkan ekstraktor, derek, dan mesin pemotong.


Gunung granit harus dibor untuk menciptakan lubang kecil agar dapat menguraikan ukuran blok batu yang diinginkan. Penggunaan bahan peledak digunakan untuk memisahkan granit dari batuan dasar.


Pemotongan granit menjadi lembaran


Blok batu granit yang telah ditambang selanjutnya dikirimkan ke fasilitas pemotongan untuk diubah menjadi slab atau lembaran granit. Granit merupakan salah satu jenis batu paling keras. Untuk itu, mesin yang digunakan untuk memotong granit memiliki bilah berlian. Pemotongan granit dapat menggunakan metode kering atau basah dengan menggunakan air.



Blok batu granit sering kali tidak memiliki ukuran yang sama antar sisinya. Maka setelah blok dipotong seperti pemotongan roti tawar, ukuran slab granit yang dihasilkan tidak selalu berbentuk persegi panjang sempurna atau sama persis satu dengan yang lain. Apa yang biasa kita lihat di showroom supplier granit adalah slab granit dengan ukuran tertentu yang telah dipoles.


Mengubah slab granit menjadi meja dapur


Saat datang ke supplier granit, kamu akan memilih slab dengan warna dan pola yang menarik untuk dijadikan meja dapur. Ahli marmer akan mengukur dapur kamu agar dapat memotong granit ke bentuk yang diinginkan.


Pemasangan granit untuk meja dapur membutuhkan beberapa orang tenaga kerja. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Nat untuk menyambungkan lembaran granit merupakan bagian tak terhindarkan dari meja dapur. Namun ahli marmer dapat membuatnya setipis mungkin atau nyaris tak terlihat. Nat granit diisi dengan resin yang dicampur dengan warna untuk memastikan kecocokan yang sempurna dengan warna granit.



Agar tampilannya semakin menawan, permukaan granit diberikan finishing sesuai selera. Kamu bisa memilih menggunakan finishing glossy yang mengkilat atau doff. Pada tahap akhir, permukaan granit diberikan lapisan pelindung atau coating agar air atau kotoran tidak mudah meresap ke pori-pori batu. Dengan rumitnya proses pemasangan granit meja dapur, sebaiknya kamu menggunakan jasa profesional. Pemasangan granit sendiri atau do it yourself (DIY) tidak disarankan.


Jika kamu sedang menyiapkan meja dapur granit, tak perlu takut dengan harganya yang mahal. Kamu bisa mendapatkan granit impor dengan harga terjangkau di Hellenoz Stone Gallery. Perusahaan ini menyediakan ratusan jenis marmer dan granit impor dengan harga yang lebih murah. Dapatkan informasinya secara lengkap dengan menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.

Comments


HELLENOZ WHITE.png
whatsappp
bottom of page